Kamis, 13 Agustus 2015

KPU PROV. SULTRA MELAKSANAKAN BIMTEK PELAKSANAAN KAMPANYE PEMILIHAN KEPALA DAERAH DAN WAKIL KEPALA DAERAH TAHUN 2015

1Kendari, 8/08/2015, kpud-sultraprov.go.id. Bertempat di Aula Kantor KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, dilaksanakan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2015. Acara yang dihadiri oleh 7 KPU Kabupaten/Kota ini dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi terkait pelaksanaanKampanye Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2015.

Bagi Hidayatullah, SH Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara dalam sambutannya pada saat membuka acara, mengatakan bahwa pelaksanaan Bimtek ini merupakan tindaklanjut darikegiatan yang dilaksanakan di KPU RI, Hidayatullah juga memberikan arahan-arahan terkait langkah-langkah strategis bagi KPU Kabupaten yang saat ini sedang menjalankan tahapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2015. Lanjut lagi menurut Hidayatullah “Untuk bimtek Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2015 Ada 4 poin penting teknis pelaksanaan dalam topik pembahasan pilkada ini yaitu
  1. Bagaimana alur koordinasi dan kesepakatan apasaja yang perlu dikeluarkannya bersama
  2. Bagaimana desain materi kampanye yaitu antara lain alat peraga kampanye, debat, iklan  kampanye baik itu melalui media cetak maupun media elektronik serta pemberitaan dimedia sosial. Apakah itu dibatasi atau ada pembatasannya itu berdasarkan kesepakatan.
  3. Hal-hal yang serasikan antara KPU dan tim kampanye, Terkait apa saja menyangkut kampanye
  4. Berkait tahapan alur mekanisme koordinasi dan kesepakatan apa saja yang diperlukan atau dikeluarkan oleh KPU dan stekholder lainnya
Mengakhiri sambutannya, Hidayatullah selaku Ketua KPU Prov. Sultra membuka acara Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Riset dengan Ucapan Bismillahirrahmanirrahim.
Sebelum memulai Acara rapat bimtek terlebuh dahulu dimulai dengan pengantar dari ibu Tina Ekawati Taridala yaitu menanyakan kepada KPU kabupaten/kota mengenai audit dana kampanye
2Selanjutnya pemaparan materi oleh Iwan Rompo Banne selaku Koordiv Teknis, dengan tema petunjuk Teknis Pelaksanaan Kampanye dan Simulasi Kampanye yang materinya antara lain kesepakatan koordinasi yang perlu dilakukan antara KPU dan Tim Kampanye yang salah satunya yaitu menyepakati format dan desain kampanye, meminta tim kampanye menyusun desain serta materi kampanye resmi seperti foto, simbol/tanda gambar yang menandai identitas dan profil paslon, jadwal distribusi dan lokasi pemasangan alat peraga kampanye, dan seterusnya.
3Rapat bimtek yang berlangsung sejak pukul 11.00 Wita, dilanjutkan dengan Pemaparan Materi oleh Asri, S.sos selaku Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Logistik, Asri, S.sos menyampaikan hal-hal yang menyangkut materi PBJ dalam Rangka keperluan tahapan kampanye.Hingga berita ini ditayangkan, Rapat Koordinasi masih berlangsung dengan La Ode Abdul Natsir, SE.,M.Si selaku Kordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Kordiv sosialisasi, memberikan pengarahan tentangsosialisasi dan partisipasi masyarakat.
Berdasarkan jadwal acara, rapat bimtek akan berlanjut hingga malam hari. (Firma – KPU Prov. Sultra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar